Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Redaktur: Wahyu Nugroho
Kamis, 29 September 2022, 3:37:00 AM WIB
Last Updated 2022-09-28T21:04:40Z
NEWS

Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Diangkat Jadi Perdana Menteri

Advertisement

JAKARTA,Matalensanews.com - Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman telah diangkat menjadi perdana menteri (PM). Sebuah jabatan yang secara tradisional dipegang oleh Raja.

Dilansir dari AFP Rabu (28/09/2022), keputusan kerajaan soal pergantian posisi pemerintahan itu diumumkan pada Selasa (27/09/2022) malam waktu setempat. Keputusan itu diterbitkan oleh Saudi Press Agency.

Diketahui Pangeran Mohammed bin Salman telah menjadi penguasa de facto Kerajaan Arab Saudi dalam beberapa tahun. Mohammad bin Salman sebelumnya menjabat sebagai wakil perdana menteri di bawah Raja Salman. Selain itu, Mohammad pun menjabat sebagai menteri pertahanan.

Posisi sebagai menteri pertahanan diisi oleh adiknya, Khalid bin Salman. Sebelumnya, Khalid menjabat sebagai wakil menteri pertahanan. Kepala kementerian penting lainnya, termasuk Kementerian Dalam Negeri, Luar Negeri, dan Energi tetap sama.

Pangeran Mohammed, berusia 37 tahun. Sejak 2017, dia berada di urutan pertama untuk menggantikan ayahnya sebagai raja. Mohammed menjadi Menteri Pertahanan sejak 2015, sebuah langkah kunci dalam konsolidasi kekuatan yang cepat.

Arab Saudi telah bertahun-tahun berusaha untuk memadamkan spekulasi mengenai kesehatan Raja Salman yang berusia 86 tahun. Raja Salman, telah memerintah negara pengekspor minyak utama dunia sejak 2015.

Pada 2017, ia menepis laporan dan spekulasi yang meningkat bahwa raja berencana untuk turun tahta demi Pangeran Mohammed.

Raja Salman telah dirawat di rumah sakit dua kali sepanjang tahun ini, yang terakhir tinggal satu minggu di bulan Mei yang melibatkan tes termasuk kolonoskopi, menurut laporan media pemerintah.