Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Minggu, 02 April 2023, 12:51:00 PM WIB
Last Updated 2023-04-02T05:51:18Z
BERITA UMUMNEWS

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI; Karang Taruna Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

Advertisement


Demak,MATALENSANEWS.com-Pemuda yang tergabung di dalam Karang Taruna harus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat setempat. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), H. Fathan Subkhi, saat berdiskusi kepada pemuda Karang Taruna sesaat setelah acara Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Wedung Kabupaten Demak di Aula Kantor Kecamatan Wedung, Sabtu pagi (01/04/2023).


Kecamatan Wedung lanjutnya, banyak orang sukses yang berada di Ibu Kota Jakarta. Pedagang-pedagang buah besar banyak yang berasal dari Wedung, untuk itu ini patut kiranya dicontoh oleh para generasi muda. Semangat  merantau tapi setelah sukses tetap bisa memberikan manfaat kepada kampung halamannya.


Sebagai orang perantauan lanjut H. Fathan Subkhi, tau betul bagaimana menghadapi situasi di Ibu Kota yang sangat begitu kerasnya. Di Jakarta waktu itu sangat begitu berharga, setiap saat yang ada hanyalah bagaimana caranya agar kita (orang rantau, red) bekerja.


Pemuda Karang Taruna sebagai penggerak pembangunan di desa juga diharapkan harus seperti itu, semangat untuk membangun harus tetap selalu dikobarkan. Karena ditangan pemudalah masa depan bangsa Indonesia akan dilanjutkan, tutupnya. 


Camat Wedung Demak Mulyanto mengatakan, Karang Taruna harus terlibat aktif berkegiatan positif. Jangan sampai setelah dilantik terus tidak ada kegiatannya. Karang Taruna bagi saya pribadi dan institusi itu sangat penting, karena Karang Taruna terdiri para kawula-kawula muda yang peduli terhadap lingkungannya.


Karang Taruna kalau diberdayakan akan menjadi potensi yang sangat luar biasa, usia anggotanya yang relatif masih sangat muda dan produktif akan mampu memberikan ide dan gagasan yang cemerlang untuk masyarakat, lanjutnya.


Mulyanto yang sudah menjabat sebagai Camat Wedung selama 6 tahun tentunya sudah paham betul karakteristik masyarakat Wedung. Wedung itu sentra kepiting dan belut, pemuda Karang Taruna harus bisa mengambil peluang bisnis yang bernilai ekonomi dari hasil bumi yang ada tersebut. Karena di luar negeri utamanya di Jepang harga kepiting dan belut itu sangat mahal sekali.


Mengutip perkataan dari Ir. Soekarno, Bapak Proklamator Republik Indonesia, “beri saya 10 pemuda, maka akan saya guncang dunia”, pungkasnya.



Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Kabupaten Demak, Muhammad Ali Maskun, menyampaikan selamat atas dilantiknya pengurus Karang Taruna Kecamatan Wedung. Pemuda utamanya Karang Taruna harus menjadi motor penggerak pembangunan dan perekonomian di desanya masing-masing dan diharapkan ikut terlibat langsung dalam berkegiatan sosial kemasyarakatan.


Pemuda karang Taruna harus bisa menempatkan diri dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat yang ada. Bagaimana peran aktif pemuda bisa mewarnai di desanya masing-masing juga lingkup yang diatasnya.


Ali Maskun mengajak kepada pengurus Karang Taruna yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan mau berpartisipasi aktif dalam kehidupan sosial, karena Karang Taruna adalah bagian dari pegiat atau pekerja sosial. Mulai dari sekarang niatkan dalam berkarang taruna sebagai bagian dari berbuat kebaikan kepada masyarakat, karena itulah yang akan dicatat sebagai bentuk ibadah.


Kontributor : Farid Hidayatullah