Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 19 Mei 2023, 6:04:00 PM WIB
Last Updated 2023-05-19T11:04:39Z
BERITA PERISTIWANEWS

Kapal Nelayan Asal Cilacap Terbakar di Samudra Hindia, 2 ABK Selamat dan 11 ABK Masih Dalam Pencarian

Advertisement


Cilacap,MATALENSANEWS.com - Kapal KM Serba Prima-8 GT 59 terbakar di Samudra Hindia,   2 ABK ditemukan selamat, dan 11 ABK masih dalam pencarian . 


Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Fannky Ani  Sugiharto S.I.K,. M.Si menjelaskan bahwa dengan kejadian tersebut Sat Polairud polresta Cilacap telah melakukan kordinasi dengan  stakeholder  terkait seperti Lanal Cilacap , Basarnas pusat ,  Basarnas Banten dan Basarnas Bandung mengenai penyelamatan ABK dikarenakan tempat kejadian kebakaran kapal tersebut berada diperairan samudra hindia, dan melalui kasat polairud melakukan pengecekan dan update perkembangan kebakaran kapal tersebut .


Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto melalui Kasat Pol Airud Polresta Cilacap  AKP Huda Syafii,  mengatakan bermula kapal tersebut berangkat dari dermaga PPSC pada hari Rabu 5 April 2023 untuk mencari ikan. Namun pada hari Selasa 16 Mei 2023 sekira pukul 23.15 wib Kapal terbakar di bagian knalpot atas disaat semua ABK tertidur. 


"Para ABK mengetahui kapalnya terbakar saat api sudah mulai membesar, semua ABK/ krew berusaha memadamkan api, namun tidak bisa. sehingga para ABK tersebut melompat kelaut dengan berpegangan pelampung parasut" Ucap Huda. 


Huda menjelaskan menurut keterangan dari 2 ABK yang selamat sekira pukul 04.00 wib disaat api mulai agak padam, kedua Korban Nur Hasim dan Hari Setiawan memisahkan diri dari abk yang lain untuk mengejar kapal, sedangkan 11 ABK lainnya di tinggal dengan kondisi masih berpegangan parasut. 


"Kedua korban selamat ditemukan di atas Kapal hari Rabu 17 Mei 2023 sekira pukul 11.35 wib oleh Kapal KM Hasil Selalu 2 yang melintas di sekitar Kapal Serba Prima 8 yang telah terbakar , sedangkan untuk nahkodanya sebelum kejadian  sudah  ijin pulang untuk menunggu istrinya melahirkan,  sedangkan 11 ABK lainnya belum ditemukan dan masih dalam pencarian " Ujarnya


Huda menambahkan ,  untuk 11 ABK yang belum ditemukan smapai saat ini masih dilakukan pencarian oleh pihak terkait   , dalam hal ini Polairud Polresta Cilacap membantu dengan memberikan informasi melalui kontak radio kepada kapal kapal yang sedang berlayar di sekitar kejadian untuk membantu melakukan pencarian dan penyelamatan ABK . 


ABK yang belum ditemukan dan masih dalam pencarian pihak terkait dan sesuai data dari pemilik kapal yang terbakar ke sebelas ABK  yaitu Andri Budi Nugroho, Arifudin, Dimas Andi, Dodi Irawan, Masiman, Prima ayatuloh, Selamet Mas dedi, Sutikno, Suwandi, teguh Santoso, Wamoto, ujar huda.(Djoko S)