Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 06 Desember 2023, 2:32:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-06T08:15:14Z
BERITA UMUMNEWS

Anak Keluarga Kurang Ekonomi Alami Gizi Buruk, Kadinkes Taliabu Bergerak Cepat Kunjungi Pasien Untuk Rujuk ke RSUD

Advertisement


TALIABU|MatalensaNews.com– Seorang Boca menderita Gizi buruk. Boca tersebut asal dari Falabisahaya, Kabupaten Kepulauan Sula, saat ini berusia kurang lebih Satu tahun enam bulan (1,6) tahun.


Melihat kondisi anak Farel sedang menderita Gizi buruk. Orang tua Farel berupaya untuk mencari pengobatan di Desa Samuya, Kecamatan Taliabu Timur.


Saat ini kondisi orang tuanya juga sebagai warga pribumi dan pekerjaan mereka juga sebagai petani atau masuk dalam Keluarga kekurangan ekonomi.


Mendapat informasi dari masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut), Kuraisia Marsaoly langsung bergerak cepat mengunjungi warga tersebut karena anaknya tengah menderita Gizi buruk di desa Samuya. 


Anak boca tersebut yang berusia 1,6 tahun sedang menderita gizi buruk sehingga anaknya akan dirujuk untuk menjalani perawatan.


"Saya kunjungi pasien yang mengalami kekurangan gizi dan segera dirujuk karena komplikasi penyakit," kata Kuraisia. Senin (4/12/2023).


Sebelumnya, sudah dianjurkan agar anak boca tersebut harus dirujuk tapi pihak keluarga belum bersedia karena keluarganya kekurangan ekonomi atau tidak mampu.


Menurut Kadinkes Pulau Taliabu,  Ahamdulillah, setelah saya turun melihat langsung, dan saling ngobrol dengan orang tua boca, mereka bersedia. Insya Allah tidak ada halangan minggu ini juga akan dirujuk,” ucapnya.


Kata Kadinkes, pihak puskesmas saat itu, sudah berulang kali mendatangi keluarga, tetapi pihak keluarga menolak dan sudah menandatangani infont content.


Ia bersedia, boca tersebut ditangani pihak Dinas kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu melalui Puskesmas, tetapi belum ada perubahan sehingga direkomendasikan dokter untuk dirujuk ke RSUD. (Jek/Redaksi)