Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 06 Desember 2023, 2:37:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-06T07:37:01Z
BERITA UMUMNEWS

Gelar Rakerda Pertama PABPDSI Demak perkuat kelembagaan

Advertisement


DEMAK|MATALENSANEWS.com-Ali Maskun pimpin Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-1 tahun 2023 Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Demak di WR.Mbak Tari, Trengguli, Rakerda dengan tema "Bersatu, bangkit dan Berjuang".


Dalam sambutannya Ketua Umum PABPDSI Kabupaten Demak Muhammad Ali Maskun menyatakan, Rakerda ke 1 ini diharapkan BPD yang ada di 243 Desa yang ada di Kabupaten Demak, bisa memberikan masukan saran dan pendapat agar BPD lebih baik kedepannya.


"Dengan ada Rakerda ini bisa memberikan motivasi kepada anggota BPD di Kabupaten Demak supaya kedepannya bisa lebih baik lagi." katanya.


Disisi lain, ia harap BPD di Kabupaten Demak memahami dan mempelajari undang undang desa, jangan sampai BPD tidak tahu terhadap undang undang desa.


"BPD harus memahami regulasi dan undang undang desa, BPD diharapkan bisa berkoordinasi dengan baik bersama kepala desa diwilayahnya." Ungkap aktifis muda NU ini.


Pada kesempatan itu Ali Maskun juga menyampaikan peran BPD dalam pembangunan desa sangat penting.


Oleh sebab itu BPD diminta memahami perannya, serta bersinergi untuk membangun desa dengan pemerintahan desa, sehingga tujuan pembangunan itu tercapai


Sangat penting BPD ini karena perannya di desa bagaimana mengontrol, mengevaluasi, mendorong kinerja perangkat desa.


"Setiap anggaran yang dikucurkan pemerintah baik ADD (Alokasi dana desa) maupun dana desa (DD) ini perlu dikawal oleh BPD, mulai dari merencanakan, pembangunannya, mengawasi dana itu sampai serapan seperti apa, sehingga apa yang diharapkan pemerintah tujuan pembangunan tercapai, dana yang masuk ke desa dapat terserap dengan baik," kata Ali Maskun.


Ketua PABPDSI Kabupaten Demak juga berharap Raker BPD se-Kabupaten Demak itu dapat menghasilkan pemikiran bagi kemajuan desa-desa di bumi kota wali.


"Raker ini kita harapkan ada menghasilkan pemikiran, kita ingin persepsi visi misi BPD dan pemerintahan desa bersama dalam membangun desa, desa akan maju jika BPD dengan pemerintahan desa bersinergi untuk membangun," ujarnya.


(Farid Hidayatullah)