Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Minggu, 10 Desember 2023, 7:34:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-10T12:34:56Z
BERITA UMUMNEWS

Perlindungan Digital di Era Teknologi: Peran SSL dan S/MIME dalam Pengamanan Aset Online

Advertisement


Jakarta|MATALENSANEWS.com– Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) bersama dengan Glous Tech Info telah menggelar sebuah lomba menulis tingkat nasional yang bertemakan pengamanan aset digital, Minggu (10/12/23).


Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya perlindungan aktif terhadap aset digital, dengan fokus pada penggunaan Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) dan S/MIME (Secure/Multipurpose Internet Mail Extensions) sebagai perangkat utama dalam menjaga keamanan dalam dunia daring.


Sertifikat SSL dijelaskan sebagai kode khusus yang ditempatkan pada server website, yang mengenkripsi komunikasi online antara browser web dan situs web. 


Teknologi ini diibaratkan sebagai penyegel surat di dalam amplop sebelum dikirim, memberikan lapisan keamanan yang diperlukan untuk setiap transmisi data. 


Pentingnya Sertifikat SSL tidak hanya berdampak pada keamanan website, tetapi juga menentukan reputasi dan ranking SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari seperti Google.


Bukan hanya itu, peran S/MIME dalam pengiriman informasi dan data melalui internet juga menjadi sorotan dalam perlindungan aset digital. Terutama digunakan oleh lembaga pemerintah, swasta, organisasi, dan individu, S/MIME memungkinkan pengiriman pesan yang terenkripsi dan ditandatangani secara digital. 


Hal ini menjadi penting dalam mengamankan komunikasi secara luas, baik dalam skala besar maupun kecil.


"SSL dan S/MIME sebagai Perangkat Pengamanan Aset Digital di Era Teknologi Informasi" menjadi tema sentral dalam lomba menulis yang diselenggarakan oleh PPWI dan Glous Tech Info. 


Peserta diharapkan untuk menggali lebih dalam tentang pentingnya penggunaan teknologi ini dalam melindungi aset digital, dampaknya terhadap keamanan website, serta kontribusinya dalam menjaga privasi dan kredibilitas pengguna online.


Dengan semakin meningkatnya ancaman keamanan dalam ruang digital, lomba ini menjadi platform yang berharga untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat akan pentingnya langkah-langkah proaktif dalam melindungi aset digital, serta menghargai peran teknologi seperti SSL dan S/MIME dalam menjaga keamanan di era teknologi informasi saat ini.(Guntur)