Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 22 Januari 2024, 11:46:00 AM WIB
Last Updated 2024-01-22T04:46:06Z
BERITA UMUMNEWS

Kren ! Kepala Puskesmas Nggele Akan Tingkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat

Advertisement

Mariasa La Mari, S.Kep

TALIABU | MatalensaNews.com,– Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut, akan meningkatkan inovasi sistem informasi manajemen Puskesmas Nggele (e-Survey Tingkat Kepuasan Pelanggan) di Tahun 2024 ini.


Kepala Puskesmas Nggele mengatakan, Pengembangan tingkat kepuasan pelanggan yang tercantum dalam Rencana Strategi Pelayanan Kesehatan adalah kepuasan pasien terhadap pelayanan medik dan keperawatan, pelayanan penunjang, dan sarana prasarana di Pelayanan Kesehatan yang diukur berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan.


Kepuasan pasien merupakan outcome dari layanan kesehatan yang baik. kepuasan pasien merupakan salah satu tujuan dari peningkatan mutu pelayanan kesehatan.


Dapat dibuktikan bahwa pasien atau masyarakat yang mengalami kepuasan terhadap layanan kesehatan yang diselenggarakan cenderung mematuhi nasihat, setia, atau taat terhadap rencana pengobatan yang telah disepakati. 


Sebaliknya pasien yang tidak merasakan kepuasan atau mengalami kekecewaan sewaktu menggunakan layanan kesehatan cenderung tidak mematuhi rencana pengobatan, tidak mematuhi nasihat, tidak mematuhi rencana pengobatan, berganti dokter atau pindah fasilitas layanan kesehatan.


"Puskesmas Nggele merupakan satu-satunya fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) milik pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Dinas Kesehatan yang ada di wilayah Kecamatan Taliabu Barat Laut," Ungkap Mariasa La Mari, S.Kep. diruang kerjanya. Senin ( 22/1/2024).


Menurutnya, Puskesmas sebagai instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik berkewajiban melayani masyarkat untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya. 


Tuntutan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi tantangan yang harus dipenuhi oleh Pemerintah khususnya Puskesmas Nggele itu sendiri.


Berbagai terobosan dan perbaikan telah dilakukan kami selaku penyelenggara pelayanan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan.


"Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan oleh Puskesmas Nggele untuk mengetahui sejauh mana dampak yang dihasilkan dari perbaikan tersebut,"  Ujarnya.



Selain itu SKM bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan juga meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. 


Melalui kegiatan ini diharapkan mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna pelayanan dalam menilai kinerja penyelenggara layanan, mendorong penyelenggara layanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.


"Dengan demikian akan menumbuhkan dan memunculkan gagasan dan inovasi yang bisa dikembangkan dalam upaya meningkatkan kepuasan masyarkat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Nggele khususnya," Ucap Mariasa La Mari, S.Kep.


Diketahui, Puskesmas Nggele mulai bulan Januari 2024 telah mengadakan Survey Kepuasan Masyarakat untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat di Kecamatan Taliabu Barat Laut sebagai pengguna layanan kesehatan terhadap penyelenggaraan pelayanan oleh Puskesmas Nggele itu sendiri. (Jek)