Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Selasa, 23 Januari 2024, 9:12:00 PM WIB
Last Updated 2024-01-23T14:12:22Z
BERITA POLISINEWS

Polda Maluku Utara Tegaskan Komitmen Untuk Pemilu Aman dan Damai

Advertisement


TERNATE | MatalensaNews.com–Kepolisian Daerah Maluku Utara (Polda Malut) kembali memberikan penegasan terkait komitmennya untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang aman dan damai.


Dalam keterangan tertulisnya pada selasa (23/1/2024), Kabidhumas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil S.I.K., M.H., mengungkapkan bahwa keberagaman pilihan politik merupakan hak demokratis setiap warga negara. 


Meskipun demikian, untuk terciptanya suasana yang kondusif selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara, ia menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.


"Kami mengajak seluruh masyarakat Malut untuk menyadari bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dalam demokrasi. Namun, mari kita tetap bersatu untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai," Ungkapnya.

 

Kombes Pol. Michael juga menegaskan larangan terhadap segala bentuk provokasi, intimidasi, maupun tindakan kekerasan selama proses Pemilu. Ia menjamin bahwa aparat kepolisian siap bertindak tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan mengganggu ketertiban umum.


"Kami akan menjaga netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas kepolisian. Segala bentuk pelanggaran hukum yang dapat mengancam keamanan masyarakat akan ditindak dengan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku," tambahnya.


Masyarakat diimbau untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat merugikan kedamaian dan persatuan. Polda Malut juga mendorong agar masyarakat aktif melaporkan segala bentuk tindakan yang mencurigakan ke pihak kepolisian. 


Dengan komitmen tersebut, Kombes Pol. Michael berharap Pemilu dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif, aman, dan damai serta menjadi cermin demokrasi yang matang dan beradab. (Red)