Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Senin, 18 Maret 2024, 8:44:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-18T13:44:12Z
BERITA UMUMNEWS

Anti-Corruption Academy 2024: Membangun Generasi Antikorupsi di Sekolah dan Madrasah

Advertisement


Laporan : Goent

MATALENSANEWS.com-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan Anti-Corruption Academy 2024 pada bulan Juni mendatang. Acara ini bertujuan untuk melatih pendidik dalam mengimplementasikan pendidikan antikorupsi di berbagai tingkat pendidikan.


Dalam Webinar Implementasi Pendidikan Antikorupsi Jenjang Pauddasmen Batch 2, Ketua Satuan Tugas Jejaring Pendidikan KPK, Ramah Handoko, menjelaskan bahwa program ini merupakan upaya peningkatan kapasitas bagi pendidik, terutama kepala sekolah, kepala madrasah, dan guru, untuk mengembangkan konsep implementasi pendidikan antikorupsi sesuai dengan strategi nasional yang telah disusun oleh KPK.


Tema yang diusung untuk tahun ini adalah "Mari Beraksi Membangun Sekolah dan Madrasah Generasi Antikorupsi". KPK akan bekerja sama dengan seluruh provinsi hingga kabupaten/kota untuk menerapkan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari anak usia dini hingga pendidikan menengah.


KPK juga bermitra dengan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri untuk menerbitkan regulasi mengenai implementasi pendidikan antikorupsi. Ramah berharap pendampingan ini akan menjadi referensi bagi sekolah dan madrasah di Indonesia dalam melakukan implementasi pendidikan antikorupsi dengan tepat.


Setiap sekolah dan madrasah diminta untuk melaporkan data implementasi pendidikan antikorupsi mereka melalui platform jaga.id dan EMIS Kementerian Agama, dengan batas waktu pengisian data hingga 30 April 2024.


Peserta yang terpilih akan diumumkan pada 3 Juni 2024 melalui kanal resmi KPK. Setiap sekolah yang terpilih akan diwakili oleh satu orang struktural dari unsur kepala sekolah atau wakil sekolah serta dua orang guru. Mereka akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan inti Anti-Corruption Academy 2024 secara gratis, yang akan berlangsung pada tanggal 24-28 Juni 2024 di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK.


Tahapan ini bertujuan untuk menajamkan kegiatan implementasi pendidikan antikorupsi agar lebih efektif, tepat sasaran, dan berdampak. Setelah itu, tahapan pendampingan akan dilakukan di sekolah dan madrasah masing-masing peserta dalam rentang waktu tiga bulan pada Agustus-Oktober 2024.


Ramah menegaskan bahwa seluruh kegiatan dalam Anti-Corruption Academy 2024, mulai dari sosialisasi hingga pendampingan, tidak dipungut biaya.(*)