Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Jumat, 29 Maret 2024, 6:33:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-29T11:34:21Z
BERITA UMUMNEWS

Atasi SPBU Nakal di Musim Mudik, Dirut Pertamina Setuju Pencabutan Izin

Advertisement

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati

MATALENSANEWS.com-
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyetujui usulan pencabutan izin usaha SPBU yang berlaku curang. Nicke menyatakan setuju terhadap langkah tegas terhadap SPBU yang terlibat dalam kecurangan, terutama saat maraknya kasus SPBU nakal pada musim mudik Lebaran, Jumat (29/3/24).


Nicke menggarisbawahi pentingnya memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di daerah terdampak ketika izin usaha SPBU dicabut. Sebelum ada pengusaha baru yang menggantikannya, Pertamina akan menyediakan fasilitas sementara untuk memastikan distribusi BBM tetap lancar kepada masyarakat.


Anggota Komisi VI Mufti Anam menyatakan bahwa kecurangan di SPBU terjadi karena pengawasan dari pihak Pertamina tidak optimal, memberikan celah bagi pengusaha untuk berprilaku nakal. Kementerian Perdagangan dan Kepolisian telah menyegel SPBU yang terlibat dalam kecurangan, termasuk menemukan alat yang digunakan untuk mengurangi takaran BBM di dispenser.


Langkah-langkah tegas diambil untuk menangani kasus SPBU nakal, termasuk memeriksa SPBU di seluruh provinsi untuk mencegah kerugian bagi konsumen. Salah satu contohnya adalah kasus kontaminasi Pertalite dengan udara di sebuah SPBU di Kota Bekasi, yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan konsumen. Pertamina bertanggung jawab atas perbaikan kerusakan kendaraan dan penggantian BBM yang terkontaminasi dengan Pertamax.(Farid)