Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Sabtu, 02 Maret 2024, 6:00:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-02T11:00:07Z
LENSA POLITIKNEWS

Edhie Baskoro Yudhoyono Masih Memimpin Perolehan Suara Caleg di Indonesia, PDIP Mendominasi

Advertisement

Edhie Baskoro Yudhoyono (Partai Demokrat)

Laporan : Farid

MATALENSANEWS.com-Hingga Sabtu (2/3) pagi, caleg dari Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, tetap memimpin dengan perolehan suara tertinggi di Indonesia, mengumpulkan 253.925 suara. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima data perolehan suara dari 541.099 Tempat Pemungutan Suara (TPS), atau sekitar 65,73 persen. PDIP masih menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi.


Beberapa partai seperti Partai Buruh, Partai Gelora, PKN, Partai Hanura, Partai Garuda, PBB, PSI, Partai Perindo, PPP, dan Partai Ummat terancam tidak lolos ke parlemen.


Berikut adalah caleg dengan perolehan suara tertinggi di Indonesia:


**1. Edhie Baskoro Yudhoyono (Partai Demokrat)**


Edhie Baskoro Yudhoyono, yang dikenal dengan nama Ibas Yudhoyono, masih memegang predikat sebagai caleg dengan perolehan suara tertinggi secara nasional. Putra bungsu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini memperoleh 253.925 suara dari daerah pemilihan (dapil) Jatim VII. Di dapil tersebut, Partai Demokrat memiliki perolehan tertinggi dengan 375.391 suara (23,06 persen).


**2. Puan Maharani (PDIP)**


Peringkat kedua diduduki oleh Puan Maharani, putri Presiden ke-5 RI Megawati Sukarnoputri, dengan perolehan 187.650 suara untuk dapil Jateng V. PDIP juga berhasil memuncaki dapil-dapil di kawasan Jawa Tengah.


**3. Hillary Brigitta Lasut (Partai Demokrat)**


Hillary Brigitta Lasut, yang kini menjadi anggota Partai Demokrat, meraih 185.180 suara. Putri Bupati Talaud, Elly Engelbert Lasut, mencuri perhatian publik karena pada periode sebelumnya ia menjadi anggota DPR RI termuda di usia 22 tahun, mewakili Partai Nasdem.


**4. Cucun Ahmad Syamsurizal (PKB)**


Caleg dari PKB dapil Jabar II, Cucun Ahmad Syamsurizal, mendapatkan 168.808 suara. Ia juga menjadi caleg dengan perolehan suara tertinggi di Jawa Barat, mengungguli nama-nama seperti Dedy Mulyadi dan Dede Yusuf.


**5. Faisol Riza**


Faisol Riza, petahana dalam bursa Caleg 2024, menempati peringkat kelima secara nasional dengan perolehan 163.054 suara. Angka ini juga merupakan yang tertinggi di dapilnya, Jatim II.