Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 09 April 2024, 7:03:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-09T12:03:30Z
NEWStips

Tips Simpan Ketupat: Segar Lezat Hingga Akhir Lebaran

Advertisement


MATALENSANEWS.com-
Hari Raya Idulfitri menjadi momen yang dinantikan umat Islam di seluruh dunia, merayakan kemenangan agama Islam. Di Indonesia, lebaran identik dengan makanan khas, termasuk ketupat. Dilansir dari detikcom, berikut beberapa tips menyimpan ketupat agar tetap segar dan tidak cepat basi:


1. **Memilih Daun Kelapa yang Tepat**: Pilih janur berwarna kuning kehijauan untuk membungkus ketupat, hindari yang terlalu muda atau kering, untuk hasil yang baik.


2. **Memilih dan Menakar Beras dengan Tepat**: Gunakan beras berkualitas, hindari beras impor yang terlalu pulen. Isi dua per tiga bagian anyaman daun kelapa saat membungkus ketupat.


3. **Menambahkan Air Kapur Sirih**: Campurkan 1/4 sendok teh air kapur sirih untuk setiap 5 cup beras yang dicuci, untuk ketupat yang lebih kenyal dan tahan lama.


4. **Menyiram Air Dingin dan Menggantung Ketupat**: Setelah dimasak selama 4-5 jam, siram dengan air dingin dan keringkan dengan menggantung. Angin-anginkan ketupat di suhu ruang untuk pengeringan, tahan hingga 3 hari.


5. **Menyimpan di Kulkas**: Setelah 3 hari, pindahkan ketupat ke dalam kulkas. Simpan dalam wadah kedap udara di bagian chiller kulkas untuk kesegaran hingga 7 hari.


Dengan tips ini, ketupat Anda akan tetap segar dan lezat hingga akhir perayaan Lebaran.


Kontributor : Sofie Rahmawati