Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Kamis, 06 Juni 2024, 7:57:00 PM WIB
Last Updated 2024-06-06T12:57:52Z
NEWSRegional

Pemkab Taliabu Mulai Laksanakan Aksi Penanggulangan Stunting 2025

Advertisement


TALIABU | MatalensaNews.com–Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tingkat Kabupaten Pulau Taliabu telah memulai pelaksanaan Aksi 1 dan Aksi 2 dalam upaya mengatasi masalah stunting di Kabupaten Pulau Taliabu.


Wakil Ketua TPPS, H. Syamsudin Ode Maniwi menjelaskan bahwa Aksi 1 dan Aksi 2 langkah ini merupakan pendataan dari Tim TPPS Tingkat Kabupaten dalam rangka menganalisa stunting guna perencanaan penanganan stunting di tahun 2025.


"Pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting," jelasnya


Berdasarkan data yang ada, angka stunting di Pulau Taliabu menunjukkan fluktuasi yang signifikan: pada tahun 2021 sebesar 35,5 persen, turun menjadi 23,7 persen pada tahun 2022 (turun 11,8 persen), namun kembali naik menjadi 30,6 persen pada tahun 2023 (naik 6,9 persen).


Selama pelaksanaan kegiatan, beberapa permasalahan terungkap diantaranya, Koordinasi antara TPPS tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa yang belum maksimal. 


"Selain itu, data keluarga berisiko stunting dinilai tidak tepat sasaran, dan pelaksanaan di tingkat desa menunjukkan bahwa alokasi anggaran desa sebesar 10 persen untuk menangani masalah stunting belum efektif," Ungkap H. Syamsudin yang juga Kepala Bappeda Pulau Taliabu.


Menurutnya, Kunci keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan penanganan stunting terletak pada kegiatan Posyandu. Sayangnya, keterlibatan ibu-ibu hamil dan menyusui dalam kegiatan ini masih minim, sehingga diharapkan adanya partisipasi aktif dari semua pihak. 


"Seperti yang terlihat di Desa Kilo, pelayanan tambahan darah, konsumsi gizi, dan pelayanan kesehatan psikologis untuk ibu hamil sangat diperlukan," tuturnya


Dirinya berharap, dengan langkah-langkah yang telah diambil dan perbaikan koordinasi serta partisipasi masyarakat, ditargetkan angka stunting di Pulau Taliabu dapat terus menurun secara signifikan di masa mendatang. (Red)


Sumber" Dinas Kominfo Kabupaten Pulau Taliabu.