Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Senin, 17 Juni 2024, 3:53:00 PM WIB
Last Updated 2024-06-17T08:53:19Z
BERITA POLISINEWS

Polres Salatiga Sembelih Lima Sapi dan Sebelas Kambing pada Idul Adha 1445 H

Advertisement


Salatiga,MATALENSANEWS.com- Lima ekor sapi dan sebelas kambing dari keluarga besar personil Polres Salatiga dan jajarannya disembelih pada Idul Adha 1445 H tahun 2024 di halaman Masjid Sunan Kalijaga Polres Salatiga. 


Kegiatan penyembelihan berlangsung pada Senin, 17 Juni 2024, disaksikan langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi bersama Pejabat Utama (PJU) Polres Salatiga, anggota Polres, serta tamu undangan yang hadir.


Satu ekor sapi jenis Limosin merupakan kurban dari Kapolres Salatiga beserta keluarga. Sebelum penyembelihan, hewan kurban telah diperiksa kelayakan dan kesehatannya oleh Drh. Meta Iqomah yang menyatakan bahwa kelima ekor sapi dan sebelas ekor kambing dalam keadaan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.


Dalam sambutannya, AKBP Aryuni Novitasari menyatakan bahwa kurban merupakan wujud syukur dan meneladani Nabi Ibrahim AS. "Wujud syukur sekaligus tunduk dan pasrah atas perintah Allah SWT. Dengan berkurban, kita juga dapat menumbuhkan sifat senang berbagi dan peduli dengan orang lain," ujar Kapolres.


Pada Idul Adha 1445 H tahun ini, Polres Salatiga melaksanakan pemotongan empat ekor sapi dari lima ekor sapi yang ada. Satu ekor sapi dan sebelas kambing yang merupakan hewan kurban dari anggota jajaran Polres Salatiga diberikan kepada Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta beberapa pondok pesantren (ponpes) di Kota Salatiga. Daging kurban nantinya akan dibagikan kepada keluarga besar anggota Polres Salatiga, para purnawirawan, dan warga masyarakat yang berhak.


Adapun satu ekor sapi diserahkan ke Ponpes Masitoh, dan masing-masing satu ekor kambing diserahkan ke Musholla Darul Salam Pengilon, Ponpes Darul Falah, Pondok Ittihadul Asna, Masjid Al Muawanah, Ponpes Darul Husna, PA Darul Khadlanah, Ponpes Sunan Giri, Pondok Al Bayan, Ketua FKUB, dan Ponpes Tarbiyatul Islam Al Falah.


Drh. Meta Iqomah memastikan bahwa semua hewan kurban dalam keadaan sehat dan layak konsumsi setelah dilakukan pemeriksaan teliti terhadap organ dalam seperti hati, limpa, jantung, dan lainnya. "Setelah diperiksa, semua organ dalam kondisi sehat dan layak konsumsi," jelas Drh. Meta.


Kapolres Salatiga, AKBP Aryuni Novitasari, menambahkan bahwa Idul Adha adalah momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. "Berkurban adalah kewajiban bagi umat Muslim yang mampu, dan dengan berkurban serta berbagi daging, kita dapat meningkatkan tali persaudaraan dengan sesama. Ini juga merupakan wujud syukur dan bentuk kepedulian kita terhadap sesama," tutupnya.(GT)