Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



 


 


src="https://jsc.mgid.com/m/a/matalensanews.com.1538513.js" async>
Minggu, 09 Juni 2024, 5:20:00 PM WIB
Last Updated 2024-06-09T10:20:32Z
BERITA POLISINEWS

Satpas Polres Boyolali Ramah Difabel, Tak Perlu Ragu Mengurus SIM

Advertisement


Laporan : Goent

Boyolali|MATALENSANEWS.com– Penyandang disabilitas, khususnya mereka yang mengalami keterbatasan fisik, tidak perlu khawatir saat mengajukan permohonan SIM-D di Satpas Polres Boyolali. Petugas akan sigap membantu dengan menyiapkan alat bantu seperti kursi roda dan beberapa fasilitas khusus lainnya, Minggu (9/6/24). 


Fasilitas tersebut sengaja dipersiapkan untuk memudahkan penyandang disabilitas di ruang pelayanan Satpas Polres Boyolali. Selain itu, telah disiapkan personel khusus yang akan membantu dan mengarahkan mereka dalam setiap tahapan pembuatan SIM.


Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan, "Satpas Polres Boyolali sudah lama menyediakan layanan ramah difabel sebagai bentuk penjabaran dari kebijakan Kapolri, yakni mewujudkan Polisi yang prediktif, responsibilitas, transparan, dan berkeadilan atau PRESISI."


"Semua orang termasuk penyandang disabilitas punya hak yang sama, jadi tidak perlu ragu untuk mengurus SIM," sambungnya.


Menurut AKBP Petrus, selain fasilitas kursi roda, ada beberapa fasilitas pelayanan publik lainnya yang meliputi ruang ramah anak, ruang laktasi, jalur khusus disabilitas, toilet khusus disabilitas, pegangan besi stainless, dan tanda khusus untuk penyandang disabilitas. "Fasilitas pelayanan publik ini memang difokuskan untuk kelompok rentan, seperti penyandang disabilitas, lansia, maupun ibu hamil," tambahnya.


Lebih lanjut, AKBP Petrus Parningotan Silalahi menyebut, "Fasilitas pelayanan publik kelompok rentan ini dirasa sangat membantu. Ini menunjukkan bahwa setiap pelayanan publik di Polres Boyolali ramah terhadap penyandang disabilitas," tegasnya.


"Harapan kami, semoga dengan adanya fasilitas ini, pelayanan di Satpas Polres Boyolali bisa membantu penyandang disabilitas dalam pengurusan SIM," harapnya.


"Selain di pelayanan Satpas, kami juga memberikan pelayanan khusus difabel di pelayanan SKCK, SPKT, dan sidik jari," pungkasnya.


Salah satu penyandang disabilitas merasa sangat senang atas pelayanan petugas Satpas Polres Boyolali dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Boyolali yang telah memberikan fasilitas khusus penyandang disabilitas.(*)