Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Senin, 08 Juli 2024, 1:47:00 AM WIB
Last Updated 2024-07-07T18:47:32Z
BERITA PERISTIWANEWS

Gempa Bumi 4,4 SR Guncang Batang, Beberapa Bangunan Rusak

Advertisement


BATANG|MATALENSANEWS.COM-
Gempa bumi bermagnitudo 4,4 mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada Minggu (7/7/2024) pukul 14.35 WIB. Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif, dan menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan.


Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa bumi ini terjadi di wilayah Batang, Pekalongan, dan sekitarnya dengan episentrum terletak di darat pada kedalaman 6 kilometer. "Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif," jelas Daryono dalam keterangan tertulisnya.


"Dampak guncangan gempa ini dirasakan di daerah Batang dan Pekalongan dengan intensitas III MMI, yang terasa seperti truk besar yang melintas. Sementara di Kendal, getaran dirasakan sedikit orang dengan intensitas II MMI," tambah Daryono. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai gempa bumi susulan di wilayah tersebut.


BMKG melaporkan gempa bumi tektonik ini memiliki parameter dengan magnitudo M 4,4. Episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 6,87° LS dan 109,75° BT, tepatnya di darat pada jarak 5 km arah timur laut Batang, Jawa Tengah.


Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi, membenarkan adanya kerusakan bangunan akibat gempa. "Iya tadi, kami menerima laporan ada beberapa kerusakan bangunan, masih kita cek dan kita kerahkan semua. Yang sudah masuk ada kerusakan di rumah warga di Desa Lebo (Warungasem)," kata Ulul Azmi. Laporan kerusakan juga datang dari wilayah kota Batang, namun jumlah pastinya masih dalam pendataan.


Hingga berita ini diturunkan, tim BPBD masih terus melakukan pendataan dan pengecekan di lapangan, sementara warga diminta tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang.(GT)