Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Sabtu, 06 Juli 2024, 11:54:00 AM WIB
Last Updated 2024-07-06T05:15:23Z
Berita Olah ragaNEWS

Kontroversi Handball di Perempat Final Euro 2024, Spanyol Lolos dari Hukuman Penalti

Advertisement


Laporan : TRI/Er Angga

MATALENSANEWS.COM – Pertandingan Spanyol vs Jerman pada babak perempat final Euro 2024 menghadirkan kontroversi besar. Bola yang menyentuh tangan Marc Cucurella pada babak tambahan tidak dinyatakan handball oleh wasit dan VAR.


Insiden ini terjadi ketika bola yang disepak oleh Jamal Musiala mengenai tangan Cucurella di dalam kotak penalti pada menit ke-105. Namun, keputusan wasit Anthony Taylor, yang berkomunikasi dengan wasit VAR Stuart Attwell, memutuskan tidak ada penalti untuk Jerman, meskipun ada protes keras dari para pemain Jerman.


Menurut ESPN, kepala wasit UEFA, Roberto Rossetti, menjelaskan bahwa insiden Cucurella tidak termasuk handball. Hal ini karena lengan pemain Spanyol itu dalam posisi vertikal, dekat dengan badan, dan tidak dalam keadaan direntangkan. Rossetti mengingatkan bahwa dalam pengarahan sebelum turnamen, dijelaskan bahwa lengan bek yang berada dalam posisi vertikal dan dekat dengan tubuh tidak seharusnya dinyatakan sebagai penalti.


Kejadian ini juga dibahas oleh pelatih Jerman, Julian Nagelsmann, dalam konferensi pers setelah pertandingan. Meski tidak merasa dicurangi, Nagelsmann mempertanyakan aturan handball tersebut. 


"Ada aturannya dan saya harap tidak ada keputusan yang salah. Mereka menerapkan aturan itu dan itu bukan penalti. Saya tidak merasa dicurangi. Bagi saya pertanyaannya adalah bagaimana menjadikannya lebih praktis, lebih logis, dalam kaitannya dengan bagaimana aturan [handball] ini dinilai. Saya mengatakan ini untuk sepak bola [secara umum] bukan soal hari ini," ujar Nagelsmann.


Kontroversi ini tentu akan terus menjadi bahan perdebatan di kalangan penggemar dan ahli sepak bola, terutama dalam hal bagaimana aturan handball diterapkan di masa mendatang.(**)