Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Rabu, 10 Juli 2024, 7:09:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-10T12:09:38Z
LENSA POLITIKNEWS

Muh Haris, Caleg Terpilih DPR RI dari PKS, Siap Maju di Pilkada Salatiga 2024

Advertisement


Laporan : Goent

Salatiga | Matalensanews.com - Caleg terpilih DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dapil Jateng I, Muh Haris, menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pilkada Salatiga 2024. Mantan Wakil Wali Kota Salatiga itu akan mengundurkan diri dari DPR RI periode 2024-2029. 


"Saya mendapat penugasan untuk maju di Pilkada Salatiga sebagai calon wali kota. Karena ini merupakan perintah dari DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), maka saya ikhlas 100 persen untuk ikhtiar kembali membersamai masyarakat Salatiga," ujar Haris pada Rabu (10/7/2024) di Hotel Laras Asri.


Haris menjelaskan bahwa keputusannya untuk maju didasarkan pada survei internal yang dilakukan PKS. "Selain itu, ada rekaman permintaan warga untuk saya maju sebagai calon wali kota. Dalam hati saya 'nggregel' karena ternyata ada pernyataan warga dari berbagai latar belakang seperti pedagang dan pekerja lainnya," tambahnya.


Meskipun baru saja dinyatakan lolos ke Senayan setelah Pileg 2024, Haris mengaku merasa berat meninggalkan konstituen di dapil Jateng I. "Karena itu, saya akan bertemu dengan pengurus DPD PKS dari seluruh Jateng I untuk menyampaikan tentang penugasan ini," terang mantan Wakil Wali Kota Salatiga dua periode tersebut.


Sementara itu, Ketua DPD PKS Salatiga, Latif Nahari, mengatakan bahwa penugasan Muh. Haris untuk maju di Pilkada 2024 terhitung mendadak. "Saya mendapat telepon dari Ketua DPW PKS Jawa Tengah, Muhammad Afif, pada Minggu (7/7/2024) pagi sekitar pukul 05.45 WIB bahwa Pak Muh. Haris diajukan sebagai calon Wali Kota Salatiga. Karena itu, beliau harus segera menyusun program sosialisasi dan kerja-kerja lainnya," jelas Latif.


Latif juga menambahkan bahwa sejak awal Januari 2024 sebelum Pileg, pihaknya sudah secara resmi meminta Pak Haris maju, namun beliau ingin fokus di Pileg. "Bahkan setelah Pileg dan penghitungan, beliau masih belum berkenan untuk maju di Pilkada," kata Latif.


Dengan adanya penugasan Muh. Haris sebagai calon Wali Kota Salatiga, Latif selaku ketua partai langsung menjalin komunikasi dengan pimpinan partai lain untuk membentuk koalisi. "PKS kan baru empat kursi, kurang satu. Kami langsung komunikasi dengan Pak Dance (PDI Perjuangan), Pak Yuliyanto (Gerindra), dan Pak Saeful (PKB). Semua partai yang memiliki kursi di DPRD sudah kami ajak komunikasi," ungkapnya.


Dengan dukungan yang semakin kuat, Muh Haris kini siap menghadapi Pilkada Salatiga 2024 dan berkomitmen untuk kembali melayani masyarakat Salatiga dengan lebih baik.(*)