Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Jumat, 05 Juli 2024, 9:09:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-05T14:09:49Z
BERITA PERISTIWANEWS

Rem Blong, Kecelakaan di Exit Tol Bawen Libatkan 3 Mobil dan 1 Sepeda Motor

Advertisement


Semarang,MATALENSANEWS.COM- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Exit Tol Bawen pada Jumat siang (5/7/24), melibatkan tiga unit mobil dan satu unit sepeda motor. Insiden ini diduga akibat rem blong pada truk trailer.


Kasat Lantas AKP Arpan SIK, MH, M.Si, yang didampingi Kanit Gakkum Ipda Handriyani SE, MH, menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Truk trailer dengan nomor polisi H 8121 JQ yang membawa pakan hewan, mengalami rem blong saat melaju dari arah Semarang menuju Solo. Di turunan depan RS At Tin, truk menabrak mobil box tanpa muatan H 9120 BV, mobil pribadi Toyota Calya AA 1368 C, dan sepeda motor Honda CBR AD 3036 BKF yang sedang berhenti di lampu merah di simpang Exit Tol Bawen.


"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya kerugian materiil. Pengendara sepeda motor yang mengalami luka ringan sudah mendapatkan perawatan di RS At Tin Bawen," ungkap AKP Arpan.


Kecelakaan ini menyebabkan antrian panjang dari arah Semarang menuju Solo. Untuk mengurai kemacetan, personel Sat Lantas Polres Semarang melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem contra flow di sekitar lokasi kejadian. Dibantu oleh pihak pemadam kebakaran dan satu unit derek, mobil box yang terguling di median jalan berhasil dievakuasi sekitar pukul 14.00 WIB, dan arus lalu lintas kembali lancar.


Pengemudi truk trailer, Dimas (24), warga Kab. Batang, menyatakan bahwa rem truk baru tidak berfungsi saat mendekati simpang Exit Tol Bawen. "Selama perjalanan dari Semarang hingga turunan depan Dusun Semilir, truk dalam keadaan normal dan rem masih berfungsi baik. Namun setelah melewati terminal Bawen, rem tidak berfungsi," tuturnya.


Mobil box dikemudikan oleh Kuwat Slamet (62), warga Kab. Semarang, sementara Toyota Calya dikemudikan oleh Gemini (68), warga Kab. Karanganyar. Pengendara sepeda motor, M. Nur (27), merupakan warga Kab. Boyolali.


Pihak berwenang masih menyelidiki lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti dari kejadian ini dan untuk mencegah insiden serupa di masa mendatang.(TRI)