Akibat Genangan Air di Desa Nggele, GPM Minta DPUPR Taliabu Anggarkan Saluran Drainase -->

Akibat Genangan Air di Desa Nggele, GPM Minta DPUPR Taliabu Anggarkan Saluran Drainase

Tuesday, August 31, 2021, 5:26:00 PM


TALIABU,MATALENSANEWS.com - Akibat hujan lebat mengakibatkan genangan air yang melanda di Desa Nggele, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu pada hari Senin 30 Agustus 2021, sekira pukul 14 : 00  sampai dengan pukul 16 : 00 Wit.


Sehingga masyarakat desa Nggele resah dengan keadaan banjir yang selalu dialami sejak ada penimbunan badan jalan pada tahun 2019 lalu, yang tidak langsung membuat saluran drainasenya.


"Salah satu warga masyarakat desa Nggele meminta perhatian kepada pemerintah daerah Kabupaten Pulau Taliabu. Dalam hal ini, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang ( DPUR) Pulau Taliabu, untuk mengalokasikan anggaran, guna pembuatan drainase sepanjang 300 Meter lebih. Karena ini adalah hal yang sangat mendesak." Tegas Aliamin pada Media ini, hari Selasa 31/8/2021. Selanjutnya,


Menurut Anwar Launga, bilang Ada dua jalur air yang membuat rumah warga  terendam air yaitu yang satu arahnya  dari arah timur bagian ujung kampung dusun permai desa Nggele. Dan yang kedua drainase di samping lapangan sepakbola. 


Air tersebut yang mengalir dari dusun rambutan desa Onemay. Sehingga genangan air mengalir menuju kearah dusun dermaga desa Nggele.


Karena saluran tersebut berukuran tidak sesuai dengan genangan air tersebut sehingga meluap ke rumah warga.



"Akhirnya warga keluhkan pembuatan drainase beton yang lebih tinggi dari badan jalan dan permukaan tanah di halaman warga. Sehingga tergenang air di jalan dan halaman rumah warga," Ujarnya. Selain itu,


Ketua Pembina Gerakan Pemuda Marhaenis ( GPM) Pulau Taliabu Asrarudin La Ane selaku toko masyarakat Nggele, meminta keseriusan pemerintah Desa atau pemerintah daerah Kabupaten Pulau Taliabu melalui DPUPR segera alokasikan anggaran tahun 2021 ini, untuk pembuatan drainase. Karena sudah kurang lebih 2 tahun lamanya masyarakat merasakan banjir di kala musim hujan seperti ini." kata GPM Pulau Taliabu. pada media ini, hari Selasa 31/8/2021, sore tadi.


( Jek/Redaksi)

TerPopuler