Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2021 -->

Header Menu


Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2021

Monday, November 15, 2021


Salatiga,MATALENSANEWS.com - Kapolres Salatiga Polda Jateng AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K, M.Si. memimpin langsung Apel Gelar Pasukan  Operasi Zebra Candi 2021 yang secara resmi digelar mulai hari ini selama 14 (empat belas) hari kedepan, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Senin 15/11/2021.


Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2021 tersebut dihadiri jajaran Forkopimda Kota Salatiga, Walikota Yuliyanto, SE MM, Ketua DPRD Dance Iskak Palit SH MSi, Dandim Letkol Inf Loka Jaya Sembada SH MH, Ka PN Riyono SH, MH, Kajari Moch Riza Wisnuwardhana SH MH, Kadishub M Sidqon Effendi, dengan peserta upacara dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Kota Salatiga dan dalam pelaksanaannya menerapkan Protokol Kesehatan.


Dalam amanatnya Kapolres Salatiga menyampaikan bahwa Kamseltibcarlantas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, sedangkan permasalahan lalu lintas berkembang sangat pesat karena tingginya jumlah penduduk dan bertambahnya jumlah kendaraan sedangkan pertumbuhan jaringan jalan tidak sebanding serta masih kurangnya kedisiplinan dan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas,  guna mengatasi hal tersebut perlu dilaksanakan berbagai upaya  salah satunya adalah dengan meggelar Operasi Zebra Candi 2021 yang akan dilaksanakan selama 14 hari dan berakhir tanggal 28 November 2021.


Tujuan utamaya adalah membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas dan diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya, dan dalam pelaksanaannya akan berkoordinasi serta  bekerjasama dengan stakeholder rerkait  agar secara komperehensif dapat mengatasi permasalahan kamseltibcarlantas di Kota Salatiga, jelas AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K, M.Si.


Kapolres Salatiga juga mengingatkan bahwa  Operasi Zebra Candi 2021  tidak hanya berorientasi pada penegakan hukum, akan tetapi pelaksanaan kegiatan diarahkan pada pola Preemtif dan Preventif berupa tindakan simpatik humanis dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.


“Kedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personel dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah ditetapkan, utamakan Pola Preemtif dan Preventif, bertindak secara simpatik dan humanis",  pesan AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K,M.Si.


Dalam pelaksanaan Apel tersebut pada saat pengecekan pasukan Kapolres Salatiga didampingi seluruh Jajaran Forkopimda yang hadir, juga melaksanakan pengecekan kendaraan dinas Polri yang disiapkan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021.


Adapun penekanan Kapolres Salatiga kepada personil yang terlibat Operasi Zebra Candi 2021 yang pertama siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja  tinggi jaga keselamatan dalam tugas, kemudian bertindak secara tegas namun tetap humanis terhadap setiap pelanggaran hukum lalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas, serta tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 guna menjaga kesehatan diri dan masyarakat.


(Wahyu Nugroho/Humas )