Kerja Bhakti di Lingkunga dan Membina Hubungan Sosial -->

Header Menu

Kerja Bhakti di Lingkunga dan Membina Hubungan Sosial

Guntur Matalensa
Sunday, February 27, 2022


Salatiga,MATALENSANEWS.com-Kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bhakti atau gugur gunung. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bhakti.


Kerja bhakti bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Meski di tengah Pandemi Covid-19, namun warga Perum Argotunggal RT.03 RW.14 Kelurqhan Ledok,Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga,tetap antusias gotong royong mengadakan kegiatan kerja bhakti  membersihkan lingkungan, Mibggu (27/2/22).


Ketua pembangunan Darjo yang juga seorang pengajar di salah satu SMK Negeri di Kota Salatiga, menuturkan bahwa "kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap bulan apa lagi ini menjelang datangnya Puasa dengan tujuan memupukkan semangat kerja sama, gotong royong, dan guyup rukun antar sesama warga khususnya warga Perum Argotunggal"


Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh bapak-bapak saja, namun para pemuda dan ibu-ibu pun ikut aktif dalam kegiatan ini. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan kerja bhakti bersih-bersih lingkungan adalah memberikan suasana nyaman kepada para warga dan masyarakat yang melewati lingkungan Perum Argotunggal.


Disamping melakukan pembersihan sampah, rumput kita juga memperbaiki Jalan utama yang rusak.Hal ini mengingat banyaknya masyarakat yang melewati wilayah perumahan Argotunggal, terutama di jam kerja Pabrik,terang Darjo.


Guntur selaku ketua RT.03 menambahkan bahwa Kerja bhakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. 


“Tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini adalah membersihkan lingkungan RT.03 RW.14 agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua. Karena di musim panca roba seperti ini banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, setidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor."


"Selain untuk menjaga kebersihan,kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Perum Argotunggal ini” jelasnya. 


Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB.  Dengan penuh semangat warga Perum Argotunggal RT.03 membersihkan lingkungan di sepanjang jalan lingkungan.


Wahyu Nugroho/Redaksi