Kubah Jakarta Islamic Center di Jakarta Utara Terbakar -->

Header Menu

Kubah Jakarta Islamic Center di Jakarta Utara Terbakar

Guntur Matalensa
Thursday, October 20, 2022


Jakarta,MATALENSANEWS.com– Penyebab pasti kebakaran yang merobohkan kubah Jakarta Islamic Center di Jakarta Utara (Jakut) masih diusut. Polisi mengamankan empat pekerja renovasi masjid untuk mencari tahu hal tersebut.


“Untuk saat ini sudah ada empat pekerjaan kita amankan ke polres untuk dimintai keterangan,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo di lokasi, Rabu (19/10/2022).


Wibowo mengatakan nantinya polisi bakal meminta keterangan terkait SOP renovasi. Termasuk dugaan api yang bersumber dari proses renovasi di masjid tersebut.


” Jadi kita akan mintai keterangan terhadap empat orang ini. Bagaimana SOP-nya, apakah sudah dilaksanakan atau tidak, termasuk kita sandingkan penyebab kebakaran,” ujarnya.


lanjut Wibowo, pihak kepolisian berencana memanggil pihak pengelola masjid untuk mencari tahu penyebab insiden tersebut.


“Yang terlibat kita panggil semua. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” jelasnya.


Diduga karena Percikan Api


Jakarta Islamic Center, yang berada di Kecamatan Koja, Jakarta Utara (Jakut), dilanda kebakaran. Kebakaran diduga berawal dari percikan api saat renovasi kubah.Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mendapat informasi ada renovasi pada bagian kubah sebelum terjadi kebakaran.


“Menurut informasi yang didapat, saat pekerja bangunan yang sedang melakukan renovasi ingin memasang triplek atap kubah masjid tersebut, para pekerja melelehkan membran (aspal gulung),” katanya.


“Untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar. Diduga percikan dari alat bakar mengenai bahan mudah terbakar sampai timbulnya api,” tambahnya.


Pekerja renovasi berupaya memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). api semakin besar dan tak dapat dihindarkan.(Redaksi)