Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



 


 


src="https://jsc.mgid.com/m/a/matalensanews.com.1538513.js" async>
Kamis, 29 Juni 2023, 5:56:00 PM WIB
Last Updated 2023-06-29T10:56:18Z
NEWSRegional

Masjid Al Ikhlas Bumi Wonosalam Asri Demak menyelenggarakan Pemotongan Hewan Qurban 1444 H / 2023 M

Advertisement


Demak|MATALENSANEWS.com-Idul Adha bisa menjadi momentum untuk mengajarkan nilai-nilai pengorbanan, ketulusan, dan keikhlasan bagi sesama.


Masjid Al Ikhlas Bumi Wonosalam Asri Demak dengan rasa syukurnya dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M masih tetap bisa berkesempatan mengadakan kegiatan Pemotongan Hewan Qurban.


Kegiatan pemotongan hewan qurban ini dihadiri oleh Ibu drh. Sri Padyastuti, dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab.Demak.


Pada kesempatan ini Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak melalui drh. Sri Padyastuti dalam pernyataannya meminta semua orang memotong hewan kurban di luar rumah potong hewan harus menyembelih dengan tata laksana yang benar dan tidak menyiksa hewan.


Untuk menyembelih hewan kurban, ada tata cara berkurban yang harus diikuti. Paling utama adalah robohkan hewan dengan kepala menghadap kiblat, awali dengan membaca bismillah, lakukan sekali dengan gerakan potong pada leher hewan kurban, gantung kaki belakang hewan setelah disembelih, ikat saluran makanan dan dubur hewan.


Setelah itu lakukan pengulitan perlahan, keluarkan isi dalam hewan dan pisahkan, bungkus terpisah dengan plastik khusus makanan, dan yang pasti jagalah kebersihan daging kurban, pungkasnya.


Pengurus Takmir Masjid Al Ikhlas Bumi Wonosalam Asri Demak Muhammad Ali Maskun SH.MH menyampaikan bahwa kegiatan ini didasari adanya  semangat persatuan dan kesatuan yang terkumpul dari Warga sekitar Masjid Al Ikhlas serta hewan qurban dari beberapa tokoh Masyarakat Demak sehingga dapat digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini.


Acara pemotongan hewan qurban ini tepat dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Juni 2023 tepat pada pukul 08.00 WIB. pemotongan hewan qurban ini kembali dilaksanakan depan Masjid Al Ikhlas Bumi Wonosalam Asri seperti tahun tahun sebelumnya. Rincian  Hewan Qurban yang disembelih pada tahun ini berjumlah sebanyak 16 ekor yang terdiri dari 7 ekor Sapi dan 9 ekor Kambing, pungkas Aktifis Muda NU di Kota Wali Demak ini. Kamis (29/6).


Ketua Takmir Masjid Al Ikhlas Bumi Wonosalam Asri Demak Syamsul Huda ST dalam keterangan lainnya menyampaikan bahwa Prosesi penyembelihan dilaksanakan oleh Bapak Kyai Shobirin selaku Ahli Juru Sembelih Halal (Juleha) disaksikan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kab.Demak dan dibantu oleh beberapa pengurus Takmir Masjid serta warga sekitar.


Kegiatan ini dilanjutkan dengan membagikan daging hasil pemotongan hewan Qurban tersebut kepada Pengurus Takmir Masjid dan  warga sekitar di lingkungan Masjid Al Ikhlas Bumi Wonosalam Asri Demak tentunya diberikan kepada yang berhak menerimanya sehingga hewan kurban tersebut bisa bermanfaat bagi penerimanya.


Kontributor: Rendy and FH