Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Senin, 31 Juli 2023, 7:05:00 PM WIB
Last Updated 2023-07-31T12:05:57Z
BERITA TNINEWS

Hadapi Potensi Kerawanan Pemilu 2024 Kodam IV/Diponegoro, Polda Jateng dan Pemprov Jateng Gelar Latihan Bersama

Advertisement


Semarang|MATALENSANEWS.com – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono, menghadiri latihan bersama Polda Jateng, Kodam IV/Diponegoro dan Pemprov Jateng dalam rangka Kesiapan menghadapi potensi Ancaman terhadap objek VIP yaitu para Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pemilihan Umum 2024. Latihan bersama ini  digelar di lapangan Simpang Lima, Kota Semarang pada Senin (31/7/2023).


Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan peristiwa penting sebagai pesta demokrasi bangsa, yang menjadi tiang utama dalam menegakkan kedaulatan rakyat dan akan menentukan tatanan pemerintahan Republik Indonesia. Menyikapi hal ini, Pangdam IV/Diponegoro menyatakan bahwa jajaran Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jawa Tengah senantiasa berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam setiap tahapan Pemilu untuk mengantisipasi berbagai ancaman dan potensi kerawanan, terutama dalam menghadapi potensi gangguan keamanan yang tinggi terhadap VIP selama Pemilu 2024 mendatang.


"Latihan ini adalah merupakan contoh kecil bilamana terjadi Aksi dan situasi kerawanan yang berpotensi mengancam jalannya Pemilu 2024 maka tindakan yang harus dilakukan oleh TNI-Polri serta unsur pengamanan  Pemda dalam mengendalikan aksi dan situasi ancaman tersebut. Semua pihak berharap agar nantinya pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada 2024 dapan berjalan aman dan lancar," ungkap Mayjen TNI Widi Prasetijono.


Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., menyatakan bahwa Polda Jawa Tengah bersama Kodam IV/Diponegoro dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan bersama untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan profesionalisme dalam menghadapi tahapan-tahapan Pemilu di wilayah tersebut, mulai dari Pemilihan Umum DPRD, DPR RI, Pilpres, hingga Pilkada.


"Kesiapan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan profesionalisme, sekaligus menetapkan SOP antara Kodam IV/Diponegoro dan Polda Jawa Tengah untuk memangkas birokrasi ketika menghadapi situasi darurat di ssluruh wilayah Jawa Tengah. Latihan bersama ini juga mencerminkan sinergi antara TNI dan Polri di Jawa Tengah, menuju yang terbaik di masa depan," jelas Kapolda.


Diharapkan, melalui latihan bersama ini, kesiapan dan sinergitas antara TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah akan semakin terasah, sehingga tugas pengamanan khususnya objek VIP Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai. Semua pihak berkomitmen untuk menjamin kelancaran proses demokrasi dan menjaga situasi keamanan serta stabilitas di Indonesia selama periode Pemilu 2024. (Djoko S)