Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Senin, 07 Agustus 2023, 8:33:00 PM WIB
Last Updated 2023-08-07T13:33:19Z
BERITA UMUMNEWS

Ketua PB IMADE Terpilih, Sahal Mahfud Sampaikan Orasi Kedaerahan

Advertisement


DEMAK|MATALENSANEWS.com-Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Demak (PB IMADE) periode 2023 -2025, Sahal Mahfud, menyampaikan orasi kedaerahanya yang bertajuk “Revitalisasi Gerakan IMADE untuk Pembangunan Kabupaten Demak” dalam pengukuhan PB IMADE di ruang rapat paripurna Gedung DPRD Kabupaten Demak, 6/8/23.


Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Demak (Anang Ruhiat), Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Demak (Saiful Hadi, S.Sos., MH.), Rektor IAIN Kudus Sekaligus Dewan Pembina PB IMADE (Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc.,M.Si.), Ketua ORMAS di Kabupaten Demak, Ketua Organisasi Kepemudaan, dan beberapa tokoh lainnya.


Sahal optimis bahwa IMADE ke depan akan melahirkan kader-kader yang mampu mengambil peran dan berkontribusi untuk pembangunan Kabupaten Demak, Dalam orasi kedaerahanya, ia menyampaikan terdapat tiga hal yang harus dilakukan, yaitu menyelenggarakan pelatihan, digitalisasi database, dan kajian rutin isu-isu kontekstual.


“Pelatihan itu ada banyak, termasuk diantaranya pelatihan di bidang hukum, politik, kewirausahaan, jurnalistik, dan kepenulisan,” ungkap pemuda asal Kecamatan Sayung tersebut.


Selain pelatihan yang bersifat teknis, digitalisasi juga sangat penting untuk dikuasi mengingat jaman semakin berkembang dan menuntut semua manusia untuk melek digital.


“Dalam hal digitalisasi, kami akan mengupayakan digitalisasi database yang terintegrasi dan berbasis WEB terutama untuk semua pengurus IMADE.”


Untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berdialektika, dalam hal ini kajian seputar isu-isu strategis di Kabupaten Demak sangat penting untuk diadakan, sudah semestinya mahasiswa sebagai kontrol sosial, maka perlu mengkritisi dan mengkaji terkait kabijakan-kabijakan yang keluar dari pemerintah setempat. 


“kajian rutin dalam rangka menyikapi isu dan problematika di tingkat daerah maupun nasional”, Pungkas Sahal


Senada dengan hal tersebut pembina PB IMADE yang diwakili oleh Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi mengamini bahwa mahasiswa adalah generasi intelektual yang dipersiapkan akan mengisi pos- pos strategis di daerahnya dalam rangka mewujudkan pembangunan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.


Prof Dur, sapaan akrabnya, hadir dalam kapasitasnya sebagai pembina juga berperan dalam mengukuhkan kader-kader PB IMADE ,Ia berpesan kepada semua kader agar tetap semangat dalam berproses menjalani organisasi.


“jangan jadikan organisasi sebagai beban, jadikan organisasi sebagai alat untuk menempa diri”, pungkasnya. 


(Rendy/Farid)